Rabu, 20 Februari 2013

Puding caramel wangi pandan


Ini resep yang paling gampang dibuat, cuma saja bisa menghabiskan waktu lama untuk mengukusnya, Puding caramel kukus dengan aroma pandan. Peminatnya juga cukup banyak. Sampai nggak enak ati sering nolak request yang masuk karena nggak ada waktu buat ngerjainnya. Maklum waktu 24 jam yang kupunya tak melulu untuk urusan bisnis kue. Ada latihan tenis, ada kelas rajut, ada kerjaan kantor yang rutin musti kukerjakan, dan ada dll dll yang masuk daftar minatku. So, bikin kue itu cuma buat ngisi waktu luang, daripada ilmu bikin kuenya nggak keasah. Yey, gimana mau maju bisnis kuenya kalau cuma main-main begini? :p

Nah, puding caramel yang ini adalah pesanan Tante Ana Syafriani untuk acara arisan di Bidang Ekonomi PWP bulan Februari 2013.

Resepnya :
400 gram gula, dipanaskan di dalam wajan sampai cair, tapi jangan sampai gosong. Setelah cair tuang ke dalam pinggan tahan panas ukuran kurleb 26cm x 30 cm x 7 cm.
Siapkan kukusan dengan panas sedang.

Bahan untuk lapisan kuning :Kocok jadi satu sampai tercampur, 6 butir telur, 75 gram gula pasir, 250 gram susu kental manis, 3 gelas air (600 cc), 1 1/2 sdm tepung custard, sedikit garam.

Bahan untuk lapisan hijau :
Kocok jadi satu sampai tercampur, 6 butir telur, 75 gram gula pasir, 250 gram susu kental manis, 3 gelas air pandan (15 lembar daun pandan diblender dg 3 gelas air, saring), 1 1/2 sdm tepung custard, sedikit garam.

Penyelesaian :
Taruh pinggan tahan panas dalam kukusan yang sudah panas. Masukkan 2 sendok sayur adonan kuning. Kukus sampai matang kurleb 12 menit dengan api sedang. Tambahkan lapisan hijau 2 sendok sayur. Kukus kembali selama 12 menit dengan api sedang. Begitu bergantian sampai adonan habis seperti mengukus kue lapis. Usahakan warna hijau yang paling atas.
Setelah selesai, angkat, dinginkan. Masukkan kulkas, karena lebih enak disantap dingin.

*Api besar membuat adonan pecah. Api kecil lebih baik, tapi memerlukan waktu lebih lama untuk mengukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar