Sabtu, 16 Maret 2013

Asinan Buah & Soes untuk Arisan


Sudah lamaaaa nggak bikin rujak asinan, sampai lupa takaran resepnya seberapa. Tapi mau nggak mau minggu ini harus bikin atas permintaan Ummu Arkan. Dan tentu saja diriku bersyukur, dengan demikian si resep bakal kepakai lagi. Bukan apa-apa, aku nggak bakal bikin rujak untuk orang serumah. Anak-anak tak terlalu suka, sedangkan diriku sudah membatasi asupan gula. Bisa-bisa ntu rujak cuma jadi penghuni abadi kulkas sampai bulukan.

Nah, karena judulnya untuk hidangan arisan ... tentu saja aku harus membuat rujak dalam porsi besar. Satu 'square keeper' merk Tupperware ini membutuhkan bahan sebagai berikut :

3 kg pepaya mengkal
2 kg timun
3 ea nanas ukuran besar
1 ikat bangkuang (kurleb 6 ea ukuran besar)
1 kg gula pasir
1/4 kg cabe merah
10 sdt garam Refina (atau sesuai selera)
Cuka secukupnya (5 s/d 10 sdm cuka tergantung selera)
500 cc air

Kupas semua buah, cuci bersih, iris tipis-tipis.
Rebus air, gula, garam & cabe yang sudah dihaluskan sampai mendidih. Angkat, dinginkan. Siram ke dalam wadah berisi irisan buah-buahan, tambahkan cuka. Biarkan semalam di kulkas.

Lebih enak bila ditaburi kacang tanah goreng.



Selain rujak asinan, aku juga mencoba membuat soes eclair dengan resep nyontek dari majalah Sedap Sekejap edisi jaman baheula (2002)

Kulit sus :
225 ml air
100 gram margarine (aku pakai 75 blueband + 25 gram orchid)
1/2 sdt garam
125 gram tepung terigu
4 butir telur

Rebus air, margarine dan garam hingga mendidih. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat lalu dinginkan. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok dengan mikser hingga kental dan rata. Adonan siap disemprotkan. (Bisa juga menggunakan sendok kayu)

Isi :
100 gram wippy cream + 200 ml air es --> kocok sampai naik.
Tambahkan 100 gram compound coklat yg sudah ditim bersama 50 ml fresh milk. Aduk rata.

Penyelesaian :
Gunting bagian pinggir kulit soes. Semprotkan krim coklat ke dalam kulit soes. Tutup rapat. Hias atasnya dengan coretan coklat.
Oh iya, satu resep ini bisa untuk 35 s/d 40 ea. Coba deh!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar