Minggu, 18 November 2012

Sliced Black Forest


Ngobrolin resep sponge cake bersama Lian, rupanya doi punya trik khusus untuk cakenya yang super lembut. Olalaaa ... ternyata itu resep sudah biasa kupakai kalau aku bikin bolu gulung.
Akhirnya kucoba membuat black forest ala resep yang satu ini. Hasilnya memang lembut banget. Dibasahi dengan selai blueberry Puratos pemberian Lian dan toping whippy cream bercampur coklat leleh nan lezat hm... jangan salahkan bila lidah jadi ketagihan.



Proyek satu ini sebenarnya Lian yang punya. Doi dapat pesanan 1 paket khusus terdiri dari 9 jenis kue sebanyak 50 kotak. Eeee ... ndilalah dirikyu kebagian satu jenis kue : Sliced Black Forest. Supaya orderan tak jauh melenceng dari yang diharapkan, tentu saja musti mengorek keterangan sedetil mungkin mengenai komposisi resep, bahan yang dipakai plus hiasan yang musti ditampilkan. Untunglah Uminya Tole ini benar-benar murah hati berbagi resep, tips & trik termasuk bahan kue & alasnya hahaha baik bangetss! Padahal kueku dibayar utuh dengan harga sangat memuaskan. Jazakillah khoir ya, Ukhti.

Jadilah dua hari itu aku bereksperimen resep ini sebanyak 6 kali. Satu loyang ukuran 30cmx30cm membutuhkan 2x resep. Sebenarnya pesanannya cuma 50 potong, berarti 4 layers kue pun sudah cukup. Tapi seperti biasa, aku membuat lebih untuk jaga-jaga siapa tahu ada hal-hal tak berkenan yang terjadi ketika kue yang kubuat hanya pas-pasan, jatuh misalnya, atau potongannya tak rata, atau ada yang ga sengaja nyicip dsb. *untungnya sampai saat ini itu semua tak pernah terjadi :)

Membutuhkan waktu lebih lama untuk menghias sliced black forest ini ketimbang menghiasnya utuh satu loyang. Bukan apa-apa, mengukurnya satu persatu supaya tepat 5cmx5cm. Membungkusnya dengan plastik setinggi kue, menghiasnya dengan topping ganache cream dan o-ow mencetak hiasan coklat untuk pemanis dan juga serutan coklat *tuh kan... ribet!

Belum lagi 5 bungkus cherry yang kusiapkan ternyata masing-masing bungkus hanya berisi 8 butir cherry. Untunglah di kulkas masih ada satu bungkus, alhamdulillah jumlahnya jadi 48 butir *teuteup weh kurang 2 butir, halah!
Terpaksa keluar sebentar ke Bontang Plaza untuk membelinya. Niatnya sih cuma beli 2 bungkus cherry lagi, tapi pulang-pulang sekeranjang belanjaan turut serta. *dasar emak-emak!

Ahad pagi 18 November 2012 pukul 08.00, sliced black forestku bersanding dengan kue-kue yang lain dalam kemasan cantik nan mewah. Wow! Boleh juga tuh. Besok-besok, kalau ada orderan lagi bolehlah ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar