Senin, 19 November 2012

Castle BDC untuk Nadiah


Ini kali kedua Mbak Ratna memesan kue ultah untuk Nadiah di dapurna-panonhideung. Kali ini ia minta dibuatkan kue ulang tahun berbentuk kastil plus 75 ea cupcake.

Setelah kastil dari tiramisu pesanan mbak Ririn yang super duper ribet itu, aku jadi punya pengalaman untuk mereka-reka kastil berikutnya yang akan kubuat.

Berikut adalah perinciannya :
1 resep bolu gulung untuk membuat 4 menara.
1 resep blackforest untuk cake dasar diameter 25cm  2 layers
1 resep blackforest untuk cake tingkat, diameter 15cm 2 layers
1 resep buttercream dari 1/4 kg meriwhip + 1/4 kg mentega putih + skm 500 gram
1 kg fondant merk trans untuk cover menara, bunga-bunga dll.
1 alas tart dari triplek ukuran diameter 35 cm.
kertas karton
2 resep cupcake coklat ala dapurna panonhideung untuk 75 ea cupcake

Maka dimulailah perjuangan itu.
Sabtu pagi, mewarnai 600 gram fondant dengan warna pink, 250 gram fondant kuwarnai dengan beberapa warna. Rencananya menara dan seluruh kue akan kututup dengan fondant pink. Tapi setelah direka-reka, sepertinya 1 kg fondant tak akan cukup untuk mencover cake seluruhnya. Jadinya rencana semula kuabaikan. Hanya menara yang akan kuselimuti fondant.

Sabtu siang, mengocok 1/2 kg buttercream lebih dari 15 menit sampai buttercream terasa ringan di lidah, mewarnai sebagian dengan warna pink dan menyelimuti cake diameter 25cm -> langkah awal yang mulus.

Kulanjutkan pekerjaan dengan menumpuk cake dia 15cm di atasnya dan menyelimuti dengan buttercream pink -> masih mudah.

Memotong bolu gulung menjadi 4 menara. Menyelimuti dengan fondant yang digilas tipis -> perlu ketelatenan. Fiuh..., sampai disini pekerjaan kutinggalkan. Kubiarkan 4 menara tergeletak agar fondantnya terangin-angin. Oh ya, pada saat yang sama aku perlu 2 ea cherry untuk melengkapi sliced blackforestku (baca kisahnya disini : http://dapurna-panonhideung.blogspot.com/2012/11/sliced-black-forest.html ) Akhirnya pekerjaan kutinggalkan untuk belanja ke Bontang Plaza.

Usai mahgrib, aku mencoba meletakkan 4 menara di atas kue. Perlu bantuan tusuk sate supaya menara tidak doyong kanan doyong kiri. -> alhamdulillah kelar. Tapi aku masih blank dengan hiasan yang akan kutaruh untuk mempercantik menara. Sampai pukul 8 malam belum juga ada ide mau dihias seperti apa ini kue. Akhirnya kuputuskan untuk TIDUR hehehe..


Pukul 24.30 wita, aku terbangun. PR ini harus kuselesaikan. Malam yang lengang membuatku konsentrasi mendekor. Sambil sesekali tengok pic di google akhirnya jadi juga istanaku pada pukul 02.30 Wita. Tinggal ditambah rerumputan besok whoaaammmm ... aku pun tertidur.

Rencananya pagi ini aku akan membuat cupcake. Hampir saja rencana ini batal karena Kang Cepy mengajakku pergi ke Sangatta mengunjungi suami sepupuku yang lagi latihan gabungan TNI. Setelah berunding, kuputuskan untuk tetap membuat cake dan kami akan pergi setelah cupcake kelar. Belum lagi aku masih harus mengantar sliced blackforest ke rumah Lian. Duh, pagi yang sibuk. Tapi belum lagi beranjak dari rumah Lian, suamiku mendapat kabar kalau kapal perang Om Agus tak kebagian tempat sandar di pelabuhan. Jadi rencana kami mengunjunginya batal.
Maka berdansalah aku seharian itu menyelesaikan Kastil dan cupcakeku heuheu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar