Selasa, 14 Agustus 2012

Menu Favorit Lebaran : Ayam Kodok


Rumit bin ribet, itu yang terlintas di benakku ketika melihat demo masakan Ayam Kodok di sebuah arisan beberapa tahun yang silam. Tapi entah mengapa hatiku kok ya tergerak untuk membuatnya dan menyajikannya di lebaran tahun itu juga. Si Sulung yang waktu itu masih berusia  9 tahun dan adiknya yang berusia 5 tahun ternyata menyukainya.



“Kok ayamnya nggak ada tulangnya ya, Mi? Empuk dan yummy!” kata mereka.  Hihihi.. jelas aja dong, kan isinya cuma campuran daging ayam giling dan tepung roti.  Sejak saat itu, ayam kodok tak pernah absen dalam menu lebaranku.
Si bungsu yang lahir belakangan pun mengikuti jejak kakak-kakaknya, menyukai ayam kodok yang hanya dibuat Ummi khusus di hari lebaran. Apalagi kini, setelah si sulung dewasa dan menuntut ilmu di pulau yang berbeda. Pesannya selalu sebelum mudik, “Ummi sayang, ayam kodoknya jangan lupa ya!”
Sungguh, biarpun rumit bin ribet, aku dengan senang hati menyediakan untuk mereka khusus di hari raya. Mau tau resepnya? Ini dia :

1.       Cuci bersih satu ekor ayam yang telah dibuang kepala dan kakinya. Masukkan kedua telunjuk  di antara daging dan kulit bagian leher ke seluruh badan ayam dan telusuri hati-hati sampai kulit dan dagingnya terpisah. Bisa juga dengan tehnik menyelipkan sebutir bawang merah yang telah dikupas, ke bagian ujung leher dan memijatnya ke seluruh badan ayam hingga daging dan kulit terpisah.

2.       Patahkan kedua pangkal sayap dan paha dengan bantuan pisau kecil.  Jaga jangan sampai ada kulit yang robek.  Keluarkan daging ayam dan tulang yang telah terpisah dari dalam kulit.

3.       Siapkan 500 gram daging ayam, blender bersama 4 butir telur, 150cc susu cair, 2 sdm bawang merah goreng, 1 sdm bawang putih goreng, 1.5 sdt garam dan 1 sdt lada hitam bubuk sampai lumat. Campur dengan sebungkus tepung roti (250 gram), 1 sdm sambal botol, 2 sdm saus tomat. Aduk rata. 

4.       Masukkan adonan ke dalam kulit ayam. Jahit bagian kulit yang terbuka. Bentuk kembali menjadi ayam utuh. Tusuk-tusuk kulitnya supaya tidak meletus saat dikukus. Kukus selama 25 menit. Angkat.

5.       Olesi ayam dengan campuran mentega dan kecap. Panggang sampai kuning kecoklatan.
Sajikan dengan sambal botol, saus tomat, kentang goreng, buncis dan wortel kukus. 


Note :
Setelah dipangkas menjadi kurang dari 500 karakter, cerita ini kuikutkan pada My Food Story with detikFood.
 http://food.detik.com/read/2012/08/13/170425/1990151/1439/ayam-kodok-khusus-lebaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar